Jumat, 01 Agustus 2008

Perkenalan

Aku Jo, begitu aku biasa dipanggil oleh teman-temanku. Yah, aku sangat tertarik pada sistem kerja hidrolik. Sebuah sistem daya yang bisa jadi sangat kuat. Sistem inilah yang bertanggungjawab dalam pemotongan lahan, pegunungan, dan bahkan membuat lubang-lubang besar di daratan. Gunung-gunung berpindah, lembah-lembah berpindah. Sistem inilah yang menjadi denyut suatu pertambangan (batubara) open cut.
Menariknya hidrolik hanya berlandaskan satu hukum sederhana dari Pascal: dimana cairan di dalam sebuah bejana tertutup bila mendapatkan tekanan akan diteruskan ke segala arah dengan kekuatan yang sama. Bayangkan, cairan seperti air itu bisa dimanfaatkan untuk mengeruk, mengangkat, memindahkan berton-ton tanah atau material lainnya. Sangat mengagumkan bukan? Namun dalam hal ini cairan yang dipakai oli bukan air.
Blog ini aku buat untuk sekedar berbagi catatan ke-hidrolik-an dari pengalaman yang aku dapat. Aku tidak akan membahas banyak rumus atau formula hitung-hitungan dalam hal ini, karena aku bukan ahli engineering hidrolik. Aku hanyalah tukang hidrolik. Sebagai tukang aku berusaha menguasai dengan baik bidang ini dan menyukainya dengan segala keterbatasan.
Harapan aku sih aku bisa menulis berkala di sini. Mungkin mingguan, dwi mingguan, bulanan, 4 bulanan atau tahunan. Tergantung kapan aku ada waktu untuk menulis karena aku tahu aku bukan orang yang disiplin.
Salam daya hidrolik, -jo-

2 komentar:

Unknown mengatakan...

ehm,,,gini mas, saya lg KP dan mendapat tugas untuk menganalisa sistem hidrolik pada salah satu plant.,,yaitu pengaruh sistem hidrolik pada kecept respon valve.untuk membuka n menutup valave menggunkan sistem hidrolik,,kira2 ada apa ya dengan sistem hidroliknya kok respon valve nya lambat...oya komponen dalm hidrolik itu apa aja...trima kasih ats jwban..ditunggu y

Jo mengatakan...

City,
Saya kurang menangkap pertanyaan anda. Response valve yang di maksud apa. Boleh kirim saya email aja ya... sekalian kasih diagram hydrolik nya bila ada.